LEDAKAN METEORIT DI JAKARTA

Posted: May 1, 2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

Ledakan misterius terjadi di pemukiman penduduk di Jalan Delima VI gang 2, Duren Sawit, Jakarta Timur. Belum diketahui penyebab ledakan itu.Seorang saksi mata, Bertina Manurung, 63 tahun, mengaku sekitar pukul 16.15 dia mendengar ada suara bising. “Suara itu berasal dari langit kemudian menghantam keras rumah Pak Sudarmojo,” kata dia, Jumat (30/4/2010).

Rumah Sudarmojo hanya berjarak lima rumah dari tempat tinggal Bertina. Rumah yang kondisinya paling parah itu, paling tinggi dibanding rumah lainnya.

“Tiba-tiba meledak, duar!! mengepul asap warba hitam. Langsung banyak debu, gelap,” kata Bertina.

Diungkapkannya, saat kejadian, tidak ada api yang menyertai ledakan. Hanya terlihat asap bercampur debu mengepul.

Kesaksian Bertina dikuatkan oleh Kelapa Kepolisian Resor Jakarta Timur, Komisaris Besar Hasanudin. “Saat ini kita belum dapat menyimpulkan kejadian apa yang terjadi. Dan kalau (asalnya) gas tidak mungkin, karena tabung-tabung di tiga rumah tersebut masih bagus dan utuh,” kata dia.

Bukan juga karena hantaman roket. “Karena tak ada bau mesiu,” ungkap dia. Juga bukan serpihan pesawat, karena tak ada sisa-sisa bagian pesawat.

Disimpulkan, asal benda berasal dari luar rumah. Apakah benda luar angkasa? “Kemungkinan itu benda luar angkasa bukan buatan manusia,” jawab dia.

Saat ini, polisi sedang berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memecahkan teka-teki ini.

Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan bahwa tidak ada sampah antariksa yang jatuh ke Indonesia, terutama Jakarta, pada Kamis 29 April kemarin petang. Ledakan di Duren Sawit dari luar rumah itu masih misterius.

“Kalau betul itu dari antariksa, itu jelas bukan sampah antariksa. Kemungkinan bisa meteorit,” kata Thomas Djamaluddin, Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika, Lapan, seperti di kutip Batam Today dari VIVAnews, (30/4/2010).

Tapi kalau memang itu benar dari luar rumah atau atas langit, harus benar-benar dicari suatu benda seperti meteorit di dasar rumah. Yang pasti, tidak ada sampah antariksa yang jatuh di sekitar Jakarta.

“Tidak ada informasi kejadian apapun, terutama di Jakarta. Kalau benda jatuh juga tidak bisa diperkirakan. Sifatnya acak. Sampah antariksa bisa jatuh di mana saja. Begitu juga dengan meteorit,” ujar peneliti yang akrab disapa Djamaluddin itu.

Djamaluddin mengatakan, bila itu memang disebabkan benda dari atas langit, petugas diimbau untuk mencari benda aneh di lantai terbawah. Misalnya benda mirip meteorit di lantai 1.

Kemarin petang, ledakan terjadi di Duren Sawit tepatnya di Jalan Delima VI gang 2, Duren Sawit, Jakarta Timur. Belum diketahui penyebab pasti ledakan yang sudah menghancurkan atap rumah berlantai dua itu. (Vivanews/Btd)/batam today.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s