MENTERI KESEHATAN RI MENIGGAL

Posted: May 3, 2012 in NEWS
Tags: , , ,

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menjadi inspektur upacara pemakaman Menteri Kesehatan nonaktif, almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih (57), yang meninggal pada Rabu (2/5/2012).

Jenazah Endang akan dikebumikan di San Diego Hills Memorial Park, Karawang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2012).

Turut mendampingi Presiden, Ibu Negara Ani Yudhoyono dan jajaran menteri anggota Kabinet Indonesia Bersatu II (KIB II), seperti Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa; Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto; Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi.

Sementara itu, Wakil Presiden Boediono dijadwalkan melayat ke Kementerian Kesehatan pada pukul 07.30. Jenazah almarhumah disemayamkan di Kementerian Kesehatan pada pukul 06.30-09.00.

Menteri Kesehatan KIB II ini dideteksi menderita kanker paru sejak Oktober 2010, setahun setelah menjabat sebagai menteri untuk periode 2009-2014.

Selama 1,5 tahun terakhir, Endang Rahayu mulai menjalani perawatan untuk melawan penyakitnya itu, baik di dalam maupun di luar negeri, hingga akhirnya tiga minggu yang lalu dilarikan ke RSCM karena merasa nyeri di tubuhnya.

Pengobatan yang selama ini telah dijalaninya antara lain radiasi lokal dan bedah beku, untuk mengobati kanker secara lokal dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Pada 26 April 2012, almarhumah menyampaikan niatnya untuk mengundurkan diri dari KIB II. Empat hari kemudian, Presiden mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 46/P/2012 yang pada intinya menetapkan, memutuskan, memberhentikan dengan hormat, almarhumah dari posisinya sebagai Menteri Kesehatan.

Selanjutnya, Kementerian Kesehatan dipimpin oleh Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

Kesan sesama menteri KIB II

Sejumlah menteri KIB II mengaku kehilangan sosok almarhumah, yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan sekitar 2,5 tahun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menyebut almarhumah adalah sosok wanita pemimpin yang luar biasa. Alumni Universitas Harvard, AS, ini juga dinilai menteri yang tegar dan mampu menghadapi tantangan di tengah penyakit yang dideritanya.

“Beliau juga teman dan kolega kerja yang mudah akrab. Kami kehilangan teman dan tempat curhat mengenai banyak hal,” kata Mari kepada para wartawan melalui pesan singkat, Rabu. Mari menambahkan, dia akan selalu terinspirasi dengan ketegaran, komitmen kerja, dan persahabatan tulusnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan almarhumah Endang sebagai sosok yang tekun dan gigih bekerja. “Beliau sosok yang tidak pernah mengeluh dan tidak mengenal lelah, meski ia merasakan sakit yang dideritanya,” kata Hatta.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari menilai mantan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan ini adalah wanita yang konsisten dan luar biasa dalam pekerjaannya.

 

Comments
  1. muhammad mulyana says:

    hmmmmm jdi gtu ….
    truss3

  2. Muhamad Ramli says:

    mmmmmm bisa jadi ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s